.

Apa itu Darah tinggi

Sebelum memahami apa itu darah tinggi, kita pelajari dulu tekanan darah. Tekanan darah adalah tekanan yang ditimbulkan darah ketika bersirkulasi di pembuluh darah dalam tubuh. Prosesnya adalah , Jantung sebagai alat pemompa yang memompa darah agar dapat mengalir. Pembuluh darah sebagai pipanya yang mempunyai dinding yang elastis dan ketahanan yang kuat. Dari proses pemompaan darah oleh jantung yang dilewatkan ke pembuluh darah ada dua pengukuran medis yaitu denyut jantung dan tekanan darah.
Kenapa harus ada tekanan darah, ya karena pada tingkat tertentu tekanan untuk darah berfungsi untuk mengalirkan darah ke berbagai organ tubuh. Darah sendiri berfungsi untuk mengangkut sari-sari makanan dan oksigen. Kenapa tekanan pada tingkat tertentu, karena tiap-tiap pembuluh darah tekanannya berbeda-beda. Tekanan paling tinggi ada didalam arteri terbesar dan tekanan paling kecil ada di dalam pembuluh darah. Dan kondisi tekanan juga bervariasi, tergantung kondisi tubuh atau aktivitas yang dilakukan, misalnya aktivitas olahraga atau sedang emosi akan meningkatkan tekanan darah, dan menurun ketika sedang tidur.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah suatu kondisi dimana tekanan darah meningkat diatas normal, dimana nilai normalnya adalah 140 /90 mm Hg.